Thesis on progress (Proposal on the way)

Maka dimulai lagi sesuatu yang katanya TESIS. Meskipun sebenarnya belum dimulai, soalnya belum juga ujian proposal. Kali ini adalah ujian proposal yang ketiga kalinya. Dua ujian pertama dilakukan di MKOM UGM, sedangkan yang akan dilakukan kali ini di MTF UAJY.

Ada yang menarik dari semua topik yang diangkat untuk menjadi bahan penelitian tesis. Semua topik yang diangkat selalu berhubungan dengan emosi. Tepatnya adalah deteksi emosi. Sebuah topik yang terdengar “aneh” dan “ngawur”. Cenderung tidak biasa bukan karena topik yang diangkat berat, tapi karena topik yang diangkat bukanlah topik yang biasa diangkat jadi topik penelitian di kampus.

Pertanyaan yang umumnya ditanyakan orang ketika pertama kali mendengar topik yang saya angkat adalah “ngapain toh deteksi emosi dari tekslah, dari lagu-lah..”. Cuma bisa terenyum dan mengatakan “itu menarik..dan itu keren plus menyenangkan”. Hal yang luar biasa karena seseorang yang dikenal sebagai “gunung es” karena tanpa perasaan dan tidak ekspresif justru mengambil tema penelitian tentang emosi.

Tulisan ini bukan mau memperlihatkan rujukan tentang mengapa mengambil penelitian tentang emosi. Rujukan yang dapat dijadikan landasan sudah sangat banyak dan dengan kualitas Q1. Tulisan ini justru memberi sudut pandang yang lain. Kenapa seorang “neerd” yang sangat susah mengekspresikan perasaannya sampai dibilang kulkas dan gunung es justru memilih topik penelitian tentang emosi. Justru itu tantangan utamanya. Memilih topik yang benar – benar bertolak belakang dengan kepribadian. Mungkin supaya orang yang dingin ini bisa memiliki sedikit kebebasan dalam mengekspresikan perasaannya. Mungkin juga dasarnya suka melakukan sesuatu yang luar biasa. Maksudnya bukan hal yang hebat, cuma sesuatu yang tidak biasa aja..

Semangat untuk proposal yang akan diseminarkan dalam waktu dekat..wkwkwkwkwk…live the emotionđŸ˜›

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: