Kotbah minggu 14 april 2013

Bacaan injil Yohanes 21:1-14 tentang yesus menyuruh petrus menggembalakan umatnya.
kotbah dibuka romo dengan menceritakan pendekatan yang digunakan jokowi ketika memindahkan pedagang di pasar solo ke tempat yang baru.
Pendekatan yang digunakan jokowi yaitu dengan beberapa kali mengajak makan bersama semua pedagang akhirnya membuahkan hasil.
Para pedagang dengan sukarela dan dengan gembira memindahkan barang dagangannya ke tempat yang baru. Cara yang sama digunakan yesus.
Ketika para murid lelah setelah mencari ikan semalaman dan tidak mendapat hasil, yesus kembali menyuruh mereka ke laut dan menjala.
Ikan yang didapat banyak dan membuat mereka kesusahan menariknya. Sampai di darat yesus telah menyiapkan sarapan. Kelelahan setelah bekerja,
lalu disediakan makan maka para murid pun makan. Setelah itu barulah yesus menanyakan kepada petrus “Simon petrus, apakah kau mencinatai aku?”
jawab petrus ” ia tuhan aku mencintaimu”. 3 kali yesus bertanya, pada pertanyaan ketiga petrus menjadi sedih sekali karena yesus bertanya 3 kali.
Jawab petrus ” ya tuhan engkau tau segalanya, engkau tau aku mencintaimu” lalu yesus menugaskan petrus untuk mengembalakan umatnya.
Kenapa menggembalakan? karena menggembalakan berarti menjaga, merawat, membimbing, menuntun dan menemani kawanan domba – domba. Itulah yang ditugaskan
yesus kepada petrus dan kita semua dalam kehidupan sehari – hari. Suami menggembalakan istri, begitu juga sebaliknya, orang tua kepada anak, anak kepada oran tua.
dan yang lain – lain sesuai dengan panggilan dan kehidupan kita sehari – hari.
Menggembala membutuhkan cinta dan kasih. 2 contih kasih dan cinta :
yang pertama dari cerita ramayana. Ketika wibisono menasehatkan dan memperingatkan rahwana yang menculik sinta dari rama.
Wibisono mengatakan ketika rahwana menculik sinta maka kematian rahwana dimulai, oleh karena itu wibisono menyarankan rahwana untuk mengembalikan sinta.
wibisono adalah adik dari rahwana, karena cintanya kepada kakaknya rahwana ia mengingatkan dan menyarankan hal yang tidak menyenangkan kepada rahwana tetapi hal tersebut baik dan benar.
yang kedua adalah cinta bunda maria kepada yesus. bunda maria dengan setia selalu mengikuti yesus dalam jalan salibnya menuju ke golgota.
Bunda maria selalu mengikuti yesus tetapi bunda maria tidak pernah menggantikan tempat yesus. Bunda maria tidak mengambil salib dan memikulya menggantikan yesus.
Disinilah letak cinta yang luar biasa dari bunda maria, dia selalu ada menemani dan menguatkan yesus untuk menyelesaikan jalan salib tersebut.
Jika maria mengambil tempat yesus, maka penyelematan umat manusia tidak terjadi. Itulah cinta yang besar yang membiarkan orang yang disayangi menjalankan tugas yang harus diselesaikan serta
menemani dan memberi kekuatan untuk dapat menyelesaikan tanggung jawab tersebut.
Jadilah gembala untuk sesama,yang membawa sesama kepada kehidupan dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: