Tips dan trik memilih tema penelitian dan berhasil ujian skripsi “pendadaran”

Tips – tips yang saya berikan ini mutlak berdasarkan pengalaman saya pribadi selama kuliah S1. Karena saya dulu jurusannya teknik informatika maka tips – tips ini dapat diterapkan pada jurusan yang sama, tetapi tidak menutup kemungkinan dapat dilakukan pada jurusan yang lain (sepertinya 90% bisa ). Tips pertama tentang memilih topik. Perbanyak baca – baca jurnal penelitian di internet. Kenapa di internet? Karena tersedia secara gratis, paling tidak bagian abstract. Pada beberapa situs malah ada full paper secara lengkap. Gunakan mesin pencari seperti google, dengan kata kunci seperti “tesis ilmu komputer”,”computer science tesis” dll. Kok tesis? Hasil tesis dapat digunakan sebagai penelitian S1, selain itu kan tujuan utama adalah untuk “brain storming”. Usahakan memilih topik yang masih sedikit sekali atau malah belum pernah sama sekali diambil orang di kampus kita. Tema penelitian yang harus unik, bukan tempat atau kasusnya. Hindari mencari topik seperti “Sistem informasi di tempat A”, jauh lebih baik “Implementasi Metode X untuk Membangun sistem informasi A”. Pokoknya kalo bisa hindari topik dan tema yang sudah banyak terdapat di perpustakaan. Tips kedua adalah pemilihan dosen pembimbing. Pengalaman saya pada waktu mengambil tugas mandiri adalah dengan topik yang pas dengan dosen pembimbingnya, maka kita akan lancar – lancar saja. Saya bimbingan kurang lebih 5x dan setelah seminar langsung di setujui tanpa ada revisi. Untuk perbandingan, teman yang mengambil tema Sistem Informasi dengan dosen yang sama, sampai harus mengambil lembaran konsultasi lagi karena yang lama sudah habis. Selanjutnya adalah melakukan “gerilia” hehehe agak sedikit berlebihan istilahnya. Maksudnya adalah biasakan menjawab atau menunjukkan bahwa anda bisa pada setiap kesempatan perkuliahan. Ini supaya dosen – dosen menjadi mengenal anda. Sedikit banyak hal ini akan membantu anda pada saat ujian atau bimbingan. Anda akan menjadi lebih rileks pada saat berhadapan dengan dosen bersangkutan. Tips berikutnya adalah tips bagi mahasiswa yang grogi dan kesulitan dalam berbicara didepan kelas atau presentasi. Saya juga termasuk pada kategori ini, saya grogi kalo sudah presentasi atau menjawab pertanyaan secara langsung. Apa yang saya lakukan? Saya melakukan hal yang merupakan kekurangan saya itu, saya menjadi asisten pada lab di kampus. Seorang asisten lab di kampus saya bertindak sebagai pembuat materi sekaligus pengajar dan pemberi ujian serta nilai kepada mahasiswa yang praktek. Saya memaksa diri menjadi asisten untuk melatih mental sekaligus cara berbicara didepan umum. Saya ingat betul betapa kaku dan groginya saya ketika pertama berdiri didepan dan mengajar. Ketika semua yang saya pelajari dan saya tau menjadi tidak ada artinya karena saya grogi. Selain itu, saya berusaha menjadi yang “tukang” berbicara setiap presentasi kelompok. Ketika presentasi merupakan hal yang sangat menggembirakan bagi saya hehehe.

Tips terakhir ini saya jadikan satu paragraf sendiri karena paling penting. Usahakan menemukan tema tugas akhir sendiri, agar kita mengerti dan paham betul apa dan kenapa kita mengambil judul tersebut. Usahakan mengerjakan semua tugas akhir itu sendiri, maksudnya kalo ada kesulitan boleh bertanya, bertanya tentang “jalannya” dan bukan jawabannya. Jadi kita sendiri yang merumuskan jawabannya berdasarkan jalan yang diberikan oleh dosen atau teman tempat kita bertanya. Perbanyak baca bahan dan materi yang terkait dengan tugas akhir kita. Biasanya pada jurusan komputer ada 2 bagian yang menjadi horor yaitu perancangan dan implementasi program. Sedapat mungkin kuasai 100% tahap perancangan. Baik basis data kalo ada maupun arsitektur sistemnya. Kalo soal implementasi program, saya berpikir kita harus mengerti minmal 70 – 80 % dari seluruh program. Saya berpendapat, okelah kalo program 50% dibantu oleh orang lain, tapi 50% lainnya harus kita sendiri yang buat dan kita harus mengerti 50% yang dibuat oleh orang lain. Pengalaman saya pada saat mengerjakan tugas akhir, saya sendiri yang membuat perancangan dan programnya. Dan malam sebelum ujian pendadaran saya malah maen game bersama teman – teman sampai pagi. Karena semua yang ada di skripsi itu, dari program sampe laporannya sudah saya baca dan saya pahami. Kan saya yang tulis sendiri..o ia, hindari kopas (copy paste) dari laporan – laporan yang terdahulu. Kalaupun terpaksa melakukannya, sebaiknya kita baca dan ketik manual. Hal ini agar paling tidak ada yang kecantol di otak kita.

Akhir kata, kerjakan skripsi dan tugas akhir itu sebagai suatu kesenangan untuk membuktikan eksistensi kita. Istilahnya kita pamer bukan melalui gaya berbaju yang gaul tetapi kesempatan membuktikan diri melalui tugas akhir. Kerjakan sendiri dan rasakan sensasinya hehehe..

MERDEKAA!!!!

2 Balasan ke Tips dan trik memilih tema penelitian dan berhasil ujian skripsi “pendadaran”

  1. Noe mengatakan:

    setujuuu,,,,
    Tapi bingung banget nentuin judul skripsii… huhuhuhu…
    okeh, saatnya bergerilyaaaa….. —> ngenet nyari info…
    hehehe…
    thx tips nya… ^^

Tinggalkan Balasan

