MERDEKA

Preambule

Awalnya saya tertarik dengan tulisan – tulisan mas romi satria wahono. Beliau adalah pendiri ilmukomputer.com. Tulisan – tulisan beliau dapat dilihat di romisatriawahono.net, selain itu dapat membaca semua tulisan beliau pada buku “Dapat apa sih dari universitas?” yang terakhir itu merupakan buku yang bagus untuk dibaca.

Ok..kembali pada judul tulisan ini “Merdeka” dan hubungannya dengan tulisan – tulisan mas romi. Pada setiap tulisan mas romi, kita akan sering menjumpai kalimat “tetap dalam perdjoengan!”. Kalimat itu mempunyai arti tersendiri bagi mas romi, dan tulisan ini bukanmau membahas kalimat itu karena kalimat itu sudah ada penjelasannya pada buku diatas. Tulisan ini mau mengupas tentang kata “Merdeka”. Kata yang sering saya gunakan ketika kuliah sarjana di Institute Sains dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta. Kata yang sering saya gunakan ketika bertemu dengan rekan sesama mahasiswa yang saya rasa memiliki semangat yang sama dengan saya..Nurhadi dan Royan.

Merdeka merupakan suatu hak kebebasan yang dimiliki oleh setiap manusia semenjak dia diciptakan. Merdeka merupakan suatu hal yang menjadi tujuan yang hendak dicapai dengan perjuangan fisik maupun non fisik. Merdeka merupakan suatu kehendak bebas untuk melakukan apapun yang kita inginkan. Merdeka…ketika dulu saya sering mengucapkan kata itu yang terpikirkan adalah rasa keren. Belakangan setelah saya pikirkan lagi, ada makna yang besar dibalik kata – kata tersebut..Makna yang sangat erat dengan kepribadian saya dan kalo boleh meminjam kata – kata mas romi, perdjoengan saya.

Merdeka bagi saya adalah kebebasan untuk belajar apa yang saya mau, tanpa perlu orang lain mendikte saya, kebebasan mengerjakan tugas – tugas karena kesadaran saya sendiri untuk menjadi terlatih dan mengerti, kebebasan untuk membagi apa yang saya telah pelajari dan ketahui tanpa perlu terikat dengan birokrasi, kebebasan untuk bermimpi membuat segala sesuatu menjadi lebih baik bagi orang lain dan dengan sendirinya menjadi kebaikan bagi diri sendiri. Itu kata “MERDEKA”, seperti kata Nelson Mandela(dalam film invictus) badan kita dapat dipenjara dan dikurung serta dibatasi akan tetapi pikiran kita akan selalu merdeka, tidak ada orang yang dapat memenjarakan pikiran kita jika kita tidak mengijinkannya..

MERDEKA..

Katakanlah itu dengan segenap hatimu dan kerjakanlah hal – hal yang dapat memerdekakan orang lain..maka kebahagian akan menjadi milik kita bersama dan dengan rahmat Tuhan maka negeri ini, Indonesia kita tercinta akan menjadi negeri yang lebih baik..

Sekali lagi MERDEKA…MERDEKA!!!!!

Julius bata 23 mei 2011 9:08 WIB Kos – kosan demangan jogjakarta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: