KULIAH

Sudah akhir bulan oktober, bearti bulan depan adalah bulan November. Bulan November merupakan bulan yang cukup banyak hari penting didalamnya(untuk saya tentunya).
Salah satunya adalah bulan saya lulus dan diwisuda sarjana. Lupa tanggal pastinya, bulan November 2008. Sudah 2 tahun saya lulus. 1,5 tahun kerja, sisanya mulai kuliah lagi.
Jadi terlintas pikiran “kerja atau kuliah??”, sebuah pertanyaan klasik yang dulu ketika saya memutuskan untuk kuliah tidak terlintas sama sekali. Aslinya saya kuliah karena “mengikuti” pola yang ada. Setelah SMA trus kuliah..buat apa kuliah? Dulu saya juga tidak mengerti untuk apa saya kuliah.
Kuliah..keputusan untuk kuliah sebenarnya mempunyai konsekuensi yang lebih berat ketimbang bekerja. Saya mengandaikan kalo tidak bekerja maka kita tidak bisa makan, sehingga harus kerja dan bisa makan. Efek dari malas – malasan kerja bisa langsung dirasakan. Berbeda dengan kuliah, malas – malasan tidak begitu terasa, tetap dikirim uang bulanan, tetap bisa makan, bisa main dan lain – lain. Kuliah itu “membunuh” pelan – pelan, kalau tidak dilakukan dengan serius.
Sedikit itung – itungan biaya yang dikeluarkan selama kuliah (contoh aja, bisa kurang, tapi sepertinya malah lebih).
Biaya masuk        : 5,000,000
SKS, @50,000, kalo lulus smua tanpa ulang maka  150 x 50,000 = 7,500,000
SPP @1,500,000, misalnya 8 semester(standar) 1,500,000 x 8 = 12,000,000
Uang Kos @1,000,000, 4 tahun x 1,000,000 = 4,000,000
Uang bulanan @500,000, 4 th x 12 bln x 500,000 = 24,000,000
Jadi kalo ditotal, kuliah normal 8 smtr lulus = 52,500,500.
Jangan lupa, ada juga yang non materil. Bangun pagi – pagi ke kampus, begadang hingga larut malam untuk tugas, tunggu dosen untuk bimbingan. Ada satu pengorbanan yang tidak bisa dikembalikan yaitu waktu. Waktu 4 tahun. Selama 4 tahun akan dibebani “utang” untuk lulus.
Sebagai perbandingan jika 4 tahun tersebut dipakai kerja dengan penghasilan kira2 1,000,000 perbulan maka : 4 tahun akan mendapat 48,000,000. Potong makan dan kos = 28,000,000. Masih dapat 20,000,000.
Kuliah itu kita cape,lelah trus kita membayar pula ke kampus..beda sama kalo kerja,kita cape,lelah tapi kita dibayar.
Maksud saya menunjukkan hitung – hitungan diatas bukan untuk mengatakan kerja lebih baik dari kuliah atau sebalikya. Saya tetap berprinsip “Pengetahuan akan menaikan derajat dan harkat hidup manusia”, kalo soal setelah wafat itu lain lagiJ.
Orang yang bekerja, asalkan mau belajar lewat pekerjaannya maka akan semakin maju dalam pekerjaannya. Begitu juga yang mendapat kesempatan untuk kuliah. Nah..tulisan ini khususnya ditujukan kepada yang mendapat kesempatan kuliah.
Betapa ruginya kalo kuliah tidak dilakukan dengan baik. Saya menulis dengan baik,bukan serius atau rajin, soalnya saya termasuk santai pada waktu kuliah duluJ. Ketika sudah memustuskan untuk kuliah, anda sudah terbelit “UTANG”, yang harus lunas dalam 4 tahun. 2 semester awal merupakan waktu yang tepat untuk memutuskan “lanjut kuliah? pindah jurusan? berhenti dan bekerja saja?” Karena kalo sudah masuk semester 3 dst maka sudah “terlanjur basah”.
Enaknya omong kek gini, pasti ada yang pikir seperti itu. Tau apa kau soal kuliah? Kan kau kuliah lancar – lancar saja…
Hehehe…saya bisa bicara seperti ini karena saya sudah mengalami itu semua. Selama 4 tahun saya kuliah, saya cuma main – main. 4 tahun kuliah di tempat terbaik dan saya membuang begitu saja. Bearti sudah 50 juta terbuang dan waktu 4 tahun terbuang begitu saja.
Sebernarnya saya Cuma mau bilang “ bagi rekan – rekan saya mahasiswa, ayo selesaikanlah kuliah ini,kesampingkan dulu hal – hal lain yang sekiranya tidak begitu urgent. Karena setelah selesai kuliah, kita mau melakukan apa saja ya terserah kita. Tidak ada lagi yang bertanya “kapan lulus?”. Setelah kuliah, kita mau bermain musik, maen band, ngurusin motor, terserah kita. Karena KULIAH ITU SEPERTI UTANG YANG HARUS DILUNASI.
Wah..sudah malam,waktunya tidur..nanti saya sharing lagi pengalaman 8 tahun di jogja..
Maju terus rekan – rekan mahasiswa, lanjutkan perjuangan..
MERDEKAA..!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: