Persiapan masuk teknik informatika

Melanjutkan tulisan terdahulu tentang Teknik Informatika, maka tulisan kali ini mengenai persiapan – persiapan yang perlu untuk memasuki jurusan teknik informatika. Tulisan ini berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya, jika ada kekurangan mohon ditambahkan.

Bagi yang berminat mendalami ilmu komputer, khususnya teknik informatika akan sangat baik kalo menguasai dan memiliki pemahaman yang baik tehadap ilmu matematika (hehehe jadi lucu karena saya masuk informatika karena males banget sama matematika…). Ilmu – ilmu matematika sangat berguna dalam memahami dunia teknik komputer. Jadi jangan pernah bosan belajar matematika J. Selanjutnya akan lebih baik lagi jika memiliki logika dan penalaran yang baik. Hal ini sangat mendukung nantinya, bukan hanya sangat mendukung akan tetapi akan memegang peranan penting dalam mebuat dan merancang sebuah aplikasi dan software. Pada proses belajar saya, saya menyadari pada akhirnya sebuah komputer hanyalah sebuah mesin yang bodoh akan tetapi memiliki daya ingat dan kemampuan proses yang sangat bagus. Oleh karena itulah diperlukan programmer – programmer yang menentukan langkah – langkah proses itu. Dengan kata lain, komputer membutuhkan kita untuk mencapai kemampuan maksimalnya. Jadi kita, sebagai orang yang akan memprogram komputer harus memiliki banyak ide dan kreatif dalam membuat program. Persiapan berikutnya adalah akan sangat baik kalo kita memiliki komputer sendiri. Basicnya komputer yang kita miliki tidak perlu yang dengan spek yang tinggi. Kecuali yang berminat pada pengolahan grafis dan multimedia. Ilmu komputer adalah ilmu yang akan mudah dipelajari jika mencoba dan mencoba terus setiap ada kesempatan. Istilah kerennya learning by doing, atau bisa karena biasa. Jadi semakin sering menghabiskan waktu dengan komputer anda akan semakin membantu anda menguasai apa yang anda pelajari. Jika tertarik dengan jaringan maka secara otomatis dan akan sangat berguna sekali jika anda memiliki dua unit komputer. Terasa boros dan agak aneh, kenapa harus 2 komputer ? Jaringan komputer berarti komunikasi antara 2 buah komputer. Manusia saja dalam berkomunikasi membutuhkan lawan bicara, begitu juga komputer. Selain computer, buku – buku computer juga akan sangat – sangat membantu. Pada akhirnya selama kuliah anda akan merasa lebih membutuhkan buku daripada dosen (dosen akan sangat membantu ketika kita mengalami kebuntuan dalam belajar). Terkadang buku sangatlah mahal, maka untuk menyiasatinya carilah modul – modul, tutorial – tutorial di internet. Bergabung dalam sebuah milis ataupun grup diskusi akan sangat – sangat membantu.

Yang terakhir pada tulisan ini adalah saya mau mengatakan jangan pernah takut untuk mencoba, jika gagal atau error maka hal ini akan semakin memperkaya jam terbang dan pengalaman dalam komputer. O ia satu lagi, tetap sisihkan waktu buat orang – orang disekitar anda dan jangan keasikan MAEN GAME heheheheee..

Salam jvmb

Satu Balasan ke Persiapan masuk teknik informatika

  1. Abdul Ghonny mengatakan:

    makasih buat sarannya, Insyaallah saya akan mencobanya,,,🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: