Teknik Informatika

Tulisan ini saya buat karena hati saya ‘tergelitik’ dengan kejadian – kejadian yang terjadi belakangan ini dengan diri saya. Terkahir adalah ketika menunggu untuk tes kerja kemaren. Terjadi percakapan dengan seorang teman. Salah satu materi tes kerja adalah komputer. Ketika dia mengetaui saya lulusan informatika dia berkata ‘wahh..gampang neh tes nanti, word excel pasti bias, kan tiap hari belajar itu..’. Hal ini membuat saya merasa aneh, lucu, malu karena pada prakteknya saya tidak begitu menguasai word, excel. Saya mengetahuinya sebatas yang perlu diketahui untuk membuat laporan tugas – tugas saja ^_^.

Satu hal yang diketahui masyarakat banyak adalah kuliah teknik informatika adalah belajar computer,mengetik word excel,install program dan memperbaiki komputer rusak. Setelah lulus buka rental komputer atau jualan komputer. Kasihan bener kita – kita yang susah payah belajar komputer ini L. Pada kenyataannya justru sangat bertolak belakang, kuliah informatika pada beberapa PT, Microsoft office bahkan tidak diajarkan sama sekali, merakit computer, trouble shooting , tidak diajarkan, hal – hal ini menjadi tanggung jawab dari masing masing mahasiswa untuk mempelajarinya.

Jenjang kuliah sarjana (S1) dengan sendirinya membuat mahasiswanya mempelajari hal – hal yang lebih teoritis dan membutuhkan analisa secara seksama. Begitu juga dengan komputer, kita akan lebih sering berkecimpung dengan logika – logika, matematika (dulu masuk informatika biar tidak dapat matematika, tidak taunya dapat juga).

Secara garis besar, di NTT, khususnya di kupang Jurusan teknik Informatika terbagi menjadi dua penjurusan : Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Teknik informatika lebih banyak bergerak dalam jaringan, perangkat keras sedangkan sistem informasi pada sistem informasi dimana akan sering melihat tabel – tabel database. Kedua program studi ini memiliki kesamaan yaitu keduanya mengajarkan pemrograman.

Pemrograman adalah satu materi yang harus dikuasai, paling tidak untuk menyelesaikan tugas akhir nanti. Lalu dimana letak multimedia? Untuk sekarang ini sepertinya, biarpun banyak peminatnya, multimedia belum dirasa penting untuk dijadikan suatu jurusan sendiri, multimedia masih dirasa menjadi pelengkap dari kedua jurusan tersebut diatas.

Bagian terakhir dari tulisan ini adalah mau kerja apa setelah lulus dari teknik informatika. Melihat dari kenyataan di kupang, lulusan teknik informatika, begitu juga dengan luusan jurusan yang lain, akan memprioritaskan menjadi PNS. Selain itu jika beruntung akan bekerja pada BANK, Dealar maupun tempat yang lain. Akan tetapi sebagian besar bukan pada posisi IT, tetapi berdasarkan kebutuhan/lowongan yang tersedia. Jadi dapat dikatakan lulusan informatika belumlah mendapat tempat semestinya, tantangan inilah yang perlu dijawab oleh kita semua, para S.Kom, lulusan Teknik Informatika di daerah ini, agar kita ditempatkan pada posisi kita semestinya…demi kemajuan daerah kita tercinta ini….

Satu Balasan ke Teknik Informatika

  1. raditya angga mengatakan:

    whehheh,,tapi katanya dosen sekarang TI sama SI udah sisetarakan kok pak,,,jadi gag ada lagi perbedaan TI dengan SI,,meski adalah mungkin sedikit,,cuma gag trlalu kok,,

    yah si bapak,,masuk TI gag ada matematika sama aja boong,,awhahwha,,mumet dengan matematika nahh,,,,ahwhawhahwh

    http://goupgoup.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: